Bagi pasangan yang baru saja menikah, memiliki tempat tinggal yang nyaman pastinya menjadi suatu yang idamkan, bukan? Namun, harga properti yang terus meningkat tiap tahunnya menjadi sebuah kendala bagi sebagian masyarakat untuk mewujudkan rumah idamannya. Sehingga, cara pembayaran Kredit Kepemilikan Rumah atau sering disingkat KPR, dinilai menjadi solusi terbaik bagi Anda yang terkendala membeli rumah hunian secara cash/tunai. Kendati demikian, untuk membeli rumah dengan sistem KPR, Anda harus mengetahui beberapa tips berikut supaya terhindar hal-hal yang kurang mengenakkan.

Survei dan Pastikan Developer yang Anda Kehendaki Bekerja Sama dengan Bank Penyedia KPR.

Pastikan developer yang Anda pilih bekerja sama dengan bank penyedia KPR. Lakukan survei dan jangan sungkan untuk menanyakan kepada penyedia KPR tentang program yang sedang ditawarkan agar mendapatkan layanan terbaik dan memuaskan. Di samping itu, Anda juga dapat melakukan riset sendiri mengenai proyek apa saja yang sudah menjadi portfolio developer tersebut

 Ketahui Suku Bunga KPR dan Masa Pinjaman (Tenor) KPR.

Ada berbagai besaran suku bunga yang berbeda setiap bank. Pastikan Anda mengetahui cara perhitungan suku bunga sebelum memutuskan memilih KPR (flat, annuity, effective). Kemudia sesuaikanlah pendapatan dengan masa pinjaman yang akan diajukan (biasanya bank memiliki batas maksimal masa pinjaman 15-20 tahun). Maka dari itu dibutuhkan komitmen ketika akan membeli sebuah rumah.

Sesuaikan Besaran Plafon KPR dengan Kemampuan.

Pahami kondisi finansial Anda dengan mengkalkulasikan secara matang sebelum mengajukan KPR. Karena harga rumah yang tidak sedikit, cari informasi mengenai besaran plafon KPR sesuai denganketentuan Bank. Besaran plafon KPR berpengaruh terhadap nominal uang muka (DP) rumah yang akan dibayarkan.

Dengan memperhatikan beberapa tips membeli rumah pertama lewat KPR di atas, maka Anda akan meminimalkan terjadinya kerugian yang mungkin saja terjadi. Selain itu, saat Anda mengajukan KPR rumah, pastikan untuk memilih rumah yang berada dilokasi strategis misalnya Asana Residence . Hal ini bertujuan untuk meningkatkan peluang lolosnya pengajuan KPR Anda. Semoga bermanfaat!

WhatsApp WhatsApp ke sini