Memiliki rumah impian merupakan idaman bagi semua orang. Namun, harga rumah yang semakin mahal setiap tahunnya membuat orang – orang harus bekerja lebih ekstra untuk mewujudkan rumah huniannya. Tidak hanya itu saja, membeli rumah tidaklah segampang yang terlihat. Bahkan tak jarang orang melakukan kesalahan dalam membeli rumah pertama. Sejatinya memang membeli rumah itu bukan merupakan keputusan yang mudah bahkan membutuhkan proses penuh lika – liku yang panjang. Nah, bagi Anda yang nantinya ataupun sudah memiliki rencana untuk memiliki rumah pertama  maka pastikan untuk mengetahui persiapan membeli rumah secara matang agar tidak salah memilih yang dapat menyebabkan penyesalan dikemudian hari. Perlu diingat, persiapan membeli rumah tidak hanya sekedar menyiapkan biaya saja namun ada berbagai hal yang wajib dipertimbangkan demi wujudkan rumah yang sempurna. Jangan khawatir, pada artikel ini akan diulas secara tuntas kesalahan membeli rumah yang sering ditemui dalam membeli rumah pertama yang wajib Anda hindari.

Kesalahan Membeli Rumah Pertama, Apa Saja?

Memilih Lokasi Hunian yang Tidak Strategis

Kesalahan pertama dalam membeli rumah yang sering ditemui adalah memilih lokasi hunian yang tidak strategis. Sering ditemui, seseorang membeli rumah tanpa memperhatikan lokasi dari hunian tersebut. Tak jarang, mereka memilih rumah yang berada di lokasi memiliki akses terbatas hingga jauh dari berbagai fasilitas umum misalnya jauh dari rumah sakit, sekolah, supermarket dan lain sebagainya. Sehingga, Anda harus menyiapkan tambahan dana transportasi lebih setiap hari. Bagi Anda yang ingin membeli rumah pertama, pastikan untuk mempertimbangkan lokasi rumah di lingkungan yang strategis misalnya Asana Residence. Bahkan, memiliki rumah yang berada dilokasi strategis adalah sebuah aset investasi yang menjanjikan untuk jangka panjang. 

Terburu – Buru dalam Memilih Rumah

Kesalahan selanjutnya adalah terlalu terburu-buru dalam memutuskan rumah yang hendak dipilih. Tidak bisa dipungkiri rumah adalah tempat pulang paling nyaman untuk berkumpul dengan orang yang Anda sayangi. Sehingga, memilih rumah yang terbaik adalah suatu keharusan. Namun, nyatanya masih banyak orang yang membeli rumah secara terburu-buru karena tergiur dengan harga yang murah. Padahal memilih rumah memerlukan pertimbangan yang matang. Mulai dari mempertimbangkan lokasi, kenyamanan, lingkungan rumah, hingga biaya rumah yang harus dikeluarkan agar tidak menjadi beban di kemudian hari.

Baca Juga: Beli Rumah vs Bangun Rumah Sendiri, Mana Sih Paling Oke?

Terbuai dengan Promosi yang Menarik

Tidak bisa dipungkiri setiap calon pembeli rumah pasti sangat tertarik akan rumah yang menawarkan berbagai promo menarik. Salah satu teknik promosi yang sering ditemui adalah menawarkan rumah dengan uang muka dan cicilan yang minim. Tentu Anda mungkin tergoda bukan? Sayangnya, hal ini tidak selamanya baik, mengingat banyak sekali penipuan akibat membeli rumah dari developer yang tidak bertanggung jawab. Jadi, sebelum Anda terbujuk rayuan developer rumah karena promosi yang menarik, pastikan untuk memilih developer rumah yang terpercaya. Anda harus berhati – hati dan selektif ketika memilihnya rumah agar tidak mengalami sebuah penyesalan yang berat atas pilihan Anda tersebut dikemudian hari. 

Tidak Memilih Rumah Sesuai dengan Kemampuan

Kesalahan selanjutnya adalah memilih harga rumah yang tidak sesuai dengan kemampuan. Tahukah Anda tips sebelum membeli rumah yang tidak boleh dilewati adalah mengetahui kemampuan keuangan dengan baik. Masih ada segelintir orang yang ingin mewujudkan rumah impiannya namun biaya rumah tersebut diluar dari budget yang seharusnya. Jika Anda, membeli rumah dengan cara mencicil tentu sangat beresiko terjadinya kendala dalam membayarnya untuk jangka panjang. Perlu diingat bahwa membeli rumah bukanlah hal yang murah, mengingat masih banyak biaya tambahan dan tak terduga yang harus Anda siapkan. Jadi, pastikan untuk memilih rumah yang memang dengan kemampuan keuangan Anda. 

Tidak Memperhitungkan Biaya Ekstra

Kesalahan membeli rumah terakhir adalah tidak memperhitungkan biaya tambahan dalam membeli rumah. Dalam membeli rumah, Anda juga harus menyiapkan biaya tambahan untuk biaya asuransi, pajak, notaris, dan lain – lain. Biasanya biaya tersebut sering terlupa oleh para pembeli ketika membeli rumah, karena seringkali biaya tersebut langsung membengkak ketika rumah telah terbeli. Jadi, pastikan untuk melakukan perencanaan keuangan yang matang sebelum wujudkan rumah impian Anda. 

Jadi, itulah beberapa kesalahan yang sering ditemui dalam membeli rumah pertama. Nah, membeli rumah memang membutuhkan kehati-hatian agar tidak terjadi penyesalan dikemudian hari. Maka, Semoga bermanfaat.

WhatsApp WhatsApp ke sini