Sudahkah Penggunaan Listrik Anda Tepat Guna?

Pada era modern ini listrik menjadi kebutuhan utama. Namun, sebagian orang tidak menyadari jika listrik digunakan secara berlebihan dapat memperburuk kondisi bumi. Sudahkah penggunaan listrik Anda tepat? Karenanya sebisa mungkin untuk menggunakan listrik sesuai kebutuhan. Lantas, bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan berikut:

Cara Penggunaan Listrik Tepat Guna

Berikut cara penggunaan listrik yang tepat:

1. Nyalakan Lampu Seperlunya 

Lampu sangat dibutuhkan untuk membantu meneranginya ruangan saat Anda beraktivitas sehari-hari. Apalagi, penerangan termasuk alasan orang menggunakan listrik.

Anda bisa memanfaatkan lampu untuk keperluan mendesak saja, seperti waktu siang hari sebaiknya mematikan lampu. Bahkan, jika di malam hari ada ruangan yang tidak digunakan, sebaiknya matikan lampu agar lebih hemat.

2. Gunakan Lampu LED

Jika ruangan yang digunakan banyak, untuk menghematnya lebih baik Anda gunakan lampu yang konsumsi listrik rumah tangga lebih sedikit. Salah satunya dengan menggunakan lampu LED yang lebih hemat energi. 

Misalnya, untuk lampu LED yang memiliki daya 10 watt, dayanya sama dengan lampu bohlam yang dayanya 60 watt sehingga bisa menghemat biaya listrik. 

Meskipun harga lampu LED sendiri terbilang lebih mahal daripada harga bohlam biasa. Namun, Anda harus mempertimbangkan dengan melihat dari konsumsi dayanya, merogoh kocek lebih tentunya layak demi menghemat penggunaan listrik jangka panjang.

 

Baca Juga: Manfaat Serta Cara Hemat Air di Rumah, Yuk Mulai Hidup Go Green!

 

3. Cabut Kabel yang Tidak Digunakan

Banyak orang terbiasa membiarkan kabel masih menancap di stop kontak. Padahal, hal ini menjadi penyebab konsumsi listrik rumah paling tinggi. 

Maka, mulai sekarang biasakan mencabut peralatan elektronik setelah digunakan untuk menghemat pemakaian listrik rumah Anda. 

Misalnya, setelah mengisi daya handphone, Anda langsung mencabut kabel charger dan jika sudah tidak menggunakan peralatan elektronik segera mencabut semua kabel yang terhubung pada aliran listrik.

4. Kurangi Penggunaan Listrik pada Jam Sibuk

Meskipun di era sekarang listrik adalah kebutuhan paling penting. Tetap biasakan untuk mengurangi pemakaian listrik pada jam-jam sibuk.

Penggunaan listrik paling banyak terjadi pada pukul 19.00 karena biasanya banyak orang yang menyalakan peralatan elektronik pada malam hari. Bahkan, acara tertentu dan konser musik sering diselenggarakan pada jam malam ini.

Karenanya, sebaiknya mulai terapkan kebiasaan tidak menyalakan peralatan listrik pada jam malam. Jika mendesak cukup satu atau dua jam saja dan tidak perlu terlalu lama.

5. Membatasi Pemakaian Alat Elektronik Dengan Daya Listrik Besar

Peralatan elektronik biasanya membutuhkan daya listrik besar untuk pengoperasiannya. Misalnya, pendingin ruangan, penanak nasi, mesin kopi, mesin cuci dan lainnya.

Besarnya daya listrik yang dibutuhkan setiap alat elektronik Biasanya cukup besar. Untuk itu, Anda perlu cermati dalam penggunaannya agar sesuai dengan kebutuhan.

6. Lakukan Kebiasaan Hemat Listrik Bersama

Supaya hasil penghematan penggunaan listrik berhasil dengan cepat, minta anggota keluarga Anda untuk sama-sama menerapkan kebiasaan cara menghemat listrik.

Ketika Anda dan keluarga sudah terbiasa dengan cara menghemat listrik ini, maka penggunaan listrik akan menurun sehingga biaya untuk keperluan listrik pun ikut berkurang. Namun, pastikan juga Anda dapat menjaga kondisi alat elektronik yang digunakan agar tetap terawat.

7. Mengatur Ventilasi Ruangan

Mengatur kondisi ventilasi dalam ruangan bisa membuat ruangan Anda lebih sejuk dan nyaman digunakan. Tentunya, Anda tidak memerlukan pendingin ruangan lagi.

Sirkulasi udara yang bagus dalam ruangan Anda secara tidak langsung dapat membantu menghemat listrik dan bagus untuk kesehatan tubuh. Artinya, secara tidak langsung Anda bisa meningkatkan kualitas udara dalam rumah.

Itulah beberapa cara menghemat listrik di rumah yang sebenarnya sangat mudah diaplikasikan. Menariknya, Asana Residence Cibubur turut mewujudkan efisiensi penggunaan listrik di rumah dengan menghadirkan hunian sehat yang memiliki konsep pencahayaan alami sehingga lebih sehat dan juga hemat energi.

Share

Fill this form

To Get Our Brochure!

Dengan mengisi formulir ini, saya bersedia untuk dihubungi lebih lanjut dan menerima informasi terkait promosi dari Asana Residence Cibubur *