Tembok rumah yang berjamur bukan hanya merusak estetika ruma saja, tetapi juga dapat mengancam kesehatan penghuninya. Jamur pada tembok rumah bisa muncul karena kelembapan tinggi, kurangnya ventilasi, atau kondisi lingkungan lainnya. Jika tidak segera ditangani, jamur ini dapat merusak struktur tembok bahkan berdampak pada kesehatan serta merugikan penghuni rumah. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan jamur pada tembok rumah dengan efektif.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan membahas apa itu jamur tembok rumah, jenis-jenisnya, tanda-tandanya, dampak negatifnya, dan tentu saja, empat cara efektif untuk menghilangkan jamur tersebut.

Apa Itu Jamur Tembok Rumah?

Sebelum kita membahas cara menghilangkan jamur pada tembok rumah, penting untuk memahami apa yang dimaksud dengan jamur tembok rumah. Jamur tembok rumah adalah organisme mikroskopis yang tumbuh di permukaan tembok dan biasanya terlihat seperti bercak berwarna hijau, hitam, atau putih. Mereka berkembang biak di lingkungan yang lembap dan gelap, seperti tembok yang sering terkena air hujan atau memilikiĀ  kelembapan tinggi.

Baca Juga: Percantik Eksterior Rumah Anda Dengan Kanopi. Yuk, Intip Inspirasi Kanopi di Sini!

Apa Saja Jenis-jenis Jamur Tembok Rumah?

Jamur tembok rumah adalah masalah umum yang dapat mengganggu keindahan dan struktural rumah Anda. Jenis-jenis jamur tembok rumah bervariasi, dan pemahaman tentang mereka dapat membantu Anda mengatasi masalah ini dengan lebih efektif. Ini adalah jenis-jenis jamur yang biasa menetap pada tembok rumah.

1. Jamur Hitam (Stachybotrys Chartarum)

Jamur hitam adalah jenis jamur yang lebih serius dan berpotensi berbahaya bagi kesehatan manusia. Mereka biasanya tumbuh di daerah yang sangat lembap dan gelap. Jamur hitam memiliki warna yang sangat gelap, hampir hitam, dan biasanya memiliki bau yang tidak sedap. Penanganan jamur hitam harus dilakukan oleh profesional karena spora jamur ini dapat berbahaya jika terhirup.

2. Jamur Kapur (Penicillium)

Jamur kapur adalah salah satu jenis jamur tembok rumah yang paling umum. Mereka biasanya berwarna hijau atau biru keabu-abuan dan tumbuh dengan cepat di permukaan tembok yang lembap. Jamur ini dapat dengan mudah menyebar ke berbagai permukaan dan bahan, termasuk kayu, kertas, dan kain.

3. Jamur Aureobasidium

Jamur ini sering ditemukan pada permukaan yang terkena kelembapan yang berlebihan. Mereka biasanya memiliki warna hitam, coklat, atau merah muda. Jamur ini dapat merusak cat dan kayu serta dapat menjadi masalah kesehatan jika terhirup.

4. Jamur Putih (Rhizopus)

Jamur putih adalah jenis jamur yang sering ditemukan di daerah yang lembap dan berdebu. Mereka tumbuh dengan cepat dan biasanya memiliki warna putih atau keabu-abuan. Jamur ini dapat merusak permukaan cat dan kayu di dalam rumah.

5. Jamur Kuning (Aspergillus)

Jamur kuning memiliki berbagai spesies, beberapa di antaranya dapat menjadi alergen bagi beberapa individu. Mereka cenderung tumbuh di daerah yang lembap dan sering ditemukan pada bahan bangunan, seperti plafon, kain, atau kertas. Jamur ini memiliki warna kuning atau hijau keabu-abuan.

Tanda-tanda Tembok Rumah Berjamuran

Ini adalah tanda-tanda umum yang menunjukkan tembok rumah Anda berjamuran dan memberikan tips tentang cara mengatasi masalah ini.

1. Bau yang Tidak Sedap

Salah satu tanda pertama jamur adalah bau yang tidak sedap, yang sering kali disebut sebagai bau jamur atau bau berbusuk. Jika Anda mencium bau yang aneh dan cenderung lembab atau tidak biasa di rumah Anda, itu bisa menjadi pertanda ada masalah jamur.

2. Perubahan Warna Tembok

Tembok yang terkena jamur dapat mengalami perubahan warna, menjadi lebih gelap atau lebih pudar daripada tembok lainnya. Warna hitam, coklat dan hijau gelap merupakan beberapa pertanda bahwa tembok rumah Anda sedang dihinggapi oleh jamur tembok.

3. Munculnya Flek-flek Basah

Jamur seringkali tumbuh pada permukaan yang lembap. Jika Anda melihat adanya flek-flek basah atau kelembapan yang berlebihan pada tembok seperti bekas bocor, ini bisa menjadi tanda bahwa jamur sedang tumbuh.

4. Kerusakan Struktural

Dalam kasus yang lebih parah, jamur dapat merusak struktur rumah Anda. Hal ini bisa mengakibatkan pembusukan kayu atau bahkan merusak bahan bangunan lainnya. Akibatnya cukup parah, karena dapat membuat kayu lapuk dan rumah rentan roboh.

Baca Juga: Begini Cara Sederhana Membersihkan Rumah yang Sering Terabaikan

4 Cara Efektif Menghilangkan Jamur pada Tembok Rumah

Sekarang, mari kita bahas empat cara efektif untuk menghilangkan jamur pada tembok rumah. Untungnya, ada beberapa cara efektif untuk menghilangkan jamur pada tembok rumah Anda. Nah, ini adalah empat metode yang dapat membantu Anda menyingkirkan jamur tembok rumah dengan efektif.

1. Membersihkan dengan Air SabunĀ 

Langkah pertama dalam mengatasi jamur pada tembok adalah membersihkannya secara menyeluruh. Campurkan air hangat dengan sedikit deterjen atau sabun pencuci piring dalam sebuah ember. Gunakan spons atau sikat lembut untuk membersihkan permukaan tembok yang terkena jamur. Gosok dengan lembut, hindari menggosok terlalu keras karena bisa merusak cat atau bahan dinding. Setelah membersihkan jamur, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain bersih.

2. Gunakan Pembersih Jamur untuk Jamur Membandel

Untuk kasus yang lebih parah, Anda bisa menggunakan larutan pembersih jamur yang dapat Anda temukan di toko peralatan rumah tangga atau bangunan. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang terdapat pada produk tersebut. Biasanya, Anda perlu menyemprotkan larutan pembersih ke permukaan yang terkena jamur, biarkan beberapa saat, lalu sikat atau lap dengan spons. Jangan lupa memakai perlindungan diri seperti sarung tangan dan masker saat menggunakan produk kimia ini.

3. Perbaiki Masalah Kelembapan

Untuk menghindari pertumbuhan jamur yang berulang, penting untuk mengatasi masalah kelembapan di rumah Anda. Pastikan ada sirkulasi udara yang baik dengan membuka jendela dan menggunakan kipas angin jika perlu. Perbaiki sumber kelembapan seperti kebocoran pipa atau atasi masalah ventilasi di rumah Anda. Selain itu, pastikan area yang cenderung lembap, seperti kamar mandi atau dapur, selalu kering setelah digunakan.

4. Pembasmi Jamur Alami

Jika Anda lebih suka solusi alami, cuka putih adalah pilihan yang baik. Campurkan cuka putih dengan air dalam perbandingan 1:1 dalam botol semprot. Semprotkan campuran ini pada area yang terkena jamur dan biarkan selama beberapa jam. Setelah itu, sikat atau lap permukaan dengan spons. Cuka putih memiliki sifat antimikroba yang efektif melawan jamur dan juga bisa membantu mencegah pertumbuhannya kembali.

Dalam menangani jamur pada tembok rumah, konsistensi adalah kunci. Lakukan pembersihan secara rutin dan atasi masalah kelembapan untuk mencegah jamur tumbuh kembali. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menjaga tembok rumah Anda tetap bersih dan sehat. Tetapi jika jamur sangat parah atau menyebar ke dalam dinding, lebih baik berkonsultasi dengan profesional perbaikan rumah untuk solusi yang lebih komprehensif.

Jamur pada tembok rumah bukanlah masalah yang sepele. Selain merusak estetika, mereka dapat berdampak buruk pada kesehatan dan struktur rumah Anda. Penting untuk mengidentifikasi tanda-tanda jamur sejak dini dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menghilangkannya. Dengan menjaga kelembapan, ventilasi, dan menggunakan metode yang tepat, Anda dapat menjaga tembok rumah Anda tetap bersih dan sehat. Jika perlu, jangan ragu untuk meminta bantuan profesional untuk menangani masalah ini dengan efektif.

Menyediakan hunian yang nyaman impian bagi Anda dan keluarga. Asana Residence Cibubur bisa menjadi alternatif yang cocok. Selain menyajikan hunian modern yang berpadu dengan alam, Asana Residence Cibubur juga memiliki sistem keamanan beroperasi 24 jam, memberikan ketenangan dan kenyamanan kepada Anda dan keluarga. Di samping itu, tersedia juga area bermain anak yang aman dan nyaman, memungkinkan anak-anak bermain dengan bebas tanpa perlu merasa cemas terhadap faktor keamanan. Plus, dengan akses yang mudah ke berbagai wilayah di sekitar Jakarta, Asana Residence Cibubur mempermudah Anda dalam beraktivitas dan berekreasi bersama keluarga. Jangan lewatkan kesempatan ini, segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran terbaik demi mewujudkan hunian impian Anda dan keluarga.