Bukan rahasia umum lagi bahwa investasi bisa dilakukan dalam beragam wujud, salah satu yang paling menjanjikan adalah investasi properti. Ada berbagai keunggulan investasi properti yang tidak dimiliki oleh jenis investasi yang lain. Sehingga hal ini membuat investasi properti layak untuk dipertimbangkan sebagai pilihan untuk melipatgandakan aset demi masa depan yang indah. 

Menariknya investasi properti adalah pilihan investasi yang semakin dilirik pada masa pandemi ini. Hal ini disebabkan oleh keunggulan investasi dalam wujud properti yang bisa memberikan lebih banyak keuntungan di tengah gempuran kondisi ekonomi yang tidak pasti.  Lalu apa saja keuntungan investasi di tengah masa pandemi?

Penurunan Harga Rumah

Tahukah Anda kelesuan ekonomi yang terjadi selama pandemi justru memunculkan peluang baru yang cukup menjanjikan yaitu harga rumah menjadi lebih murah. Situasi ini justru bisa menguntungkan karena modal untuk membeli properti menjadi berkurang karena harga yang turun. Hal ini tidak hanya berlaku untuk rumah lama, akan tetapi rumah baru juga mengalami penurunan harga. Faktor berkurangnya daya beli masyarakat memaksa mayoritas developer untuk memikirkan strategi baru dalam melakukan promosi dan penjualan.

Salah satu strategi baru yang digunakan oleh pihak developer adalah memberikan berbagai promo menarik yang menawarkan rumah baru dengan harga lebih murah saat ini. Situasi ini memungkinkan untuk mendapatkan keuntungan investasi properti ketika pandemi sudah usai dan daya beli masyarakat meningkat, maka harga properti secara otomatis juga akan kembali naik.

 

Baca Juga: Jangan Asal Pilih! Inilah Tips Membeli Rumah Pertama untuk Keluarga Muda

 

Kemudahan Kredit di Masa Pandemi

Situasi ekonomi yang lesu dengan melemahnya daya beli masyarakat ternyata berdampak pada layanan keuangan pada mayoritas bank. Pada situasi inilah ada peluang lebih mudah untuk mendapatkan kredit yang bisa digunakan untuk mewujudkan properti impian Anda. Akan tetapi membeli properti dengan kredit ini sebaiknya hanya dilakukan jika pendapatan tidak mengalami penurunan atau terdampak akibat kondisi pandemi agar tidak menyebabkan kredit macet ditengah jalan.

Selama pandemi kebanyakan bank menawarkan suku bunga rendah dan ditambah masa fix cukup lama. Jika jeli dalam mengumpulkan informasi maka tidak jarang investor properti justru bisa mendapatkan pengurangan suku bunga ataupun bebas biaya provisi ketika bertransaksi di developer tertentu. Kondisi ini tentu sangat menguntungkan bagi siapapun yang menjadikan properti berupa rumah sebagai sebuah investasi.

Kemudahan Dalam Syarat dan Aturan Pembelian Rumah

Ketika daya beli masyarakat menurun dan ada tuntutan agar bisnis perumahan tetap bergulir, banyak developer yang membuka kesempatan lebih besar dan lebih mudah bagi masyarakat untuk membeli rumah. Kebijakan dari pihak developer yang kemudian muncul dapat berupa pilihan metode pembayaran yang lebih fleksibel seperti pembayaran tunai bertahap yang ditambah dengan potongan harga. 

Selain itu ada pula faktor kemudahan dalam mengajukan KPR dari pihak bank yang juga juga bisa dimanfaatkan. Bahkan pemerintah juga membuat kebijakan yang bertujuan memudahkan warga negara untuk tetap bisa mendapatkan rumah meski di tengah badai pandemi. Beberapa kebijakan pemerintah yang bisa dimanfaatkan antara lain berupa kredit kepemilikan rumah dengan uang muka 0%. Selain itu juga ada insentif PPn yang bisa meringankan transaksi perumahan tipe rumah tapak ataupun rumah susun dengan harga di bawah 5 miliar.

Dengan 3 keuntungan tersebut, maka tidak salah jika investasi properti di masa pandemi merupakan pilihan yang tepat untuk meraih keuntungan besar pada jangka panjang khususnya ketika pandemi sudah usai. Perlu diingat agar keuntungan investasi properti semakin menjanjikan pastikan untuk memilih hunian yang nyaman dan  strategis misalnya Asana Residence. Semoga membantu!

 

WhatsApp WhatsApp ke sini