Pernahkan Anda mendengar istilah “kemanapun Anda pergi, rumah adalah tempat ternyaman untuk pulang”. Berbicara mengenai rumah memang tidak akan ada habisnya. Rumah adalah tujuan utama setiap orang setelah seharian berkegiatan hingga tempat terbaik untuk berkumpul dengan orang-orang yang Anda sayangi. Memiliki rumah yang sehat, bersih, dan layak dihuni tentu dambaan setiap orang. Selain meningkatkan kenyaman, rumah yang sehat juga berperan penting bagi kesehatan setiap pemiliknya. Tahukah Anda rumah yang bagaimanakah tergolong ke dalam rumah sehat? Pada artikel ini akan diuraikan ciri-ciri rumah sehat yang dapat Anda terapkan untuk keluarga tercinta. 

Memiliki Memiliki Ventilasi Udara yang Baik

Ciri utama dari rumah sehat adalah memiliki ventilasi udara yang baik untuk menjaga sirkulasi udara di dalam rumah Anda. Dengan adanya ventilasi udara maka dapat membantu penghuni rumah untuk mendapatkan oksigen yang baik serta suasana rumah tidak sesak. Selain itu, melalui ventilasi udara juga akan membantu mengoptimalkan pencahayaan alami pada rumah Anda. Perlu diingat bahwa ukuran ventilasi yang baik adalah setidaknya sebesar 10% dari luas lantai satu ruangan. 

Bebas dari Hama

Ciri-ciri rumah sehat selanjutnya adalah rumah yang Anda miliki bebas dari hama seperti kecoa, cicak, dan tikus. Kehadiran hama tentu akan menyebabkan rumah semakin kotor sehingga mengganggu kesehatan penghuni rumah. Munculnya berbagai hama pada rumah disebabkan oleh kebersihan yang kurang terjaga hingga dipengaruhi oleh rumah yang lembab. Pastikan untuk rajin membersihkan rumah dan pastikan tidak ada celah atau lubang yang dapat menyebabkan hama masuk ke dalam rumah Anda. Selain itu, pastikan rumah tidak lembab untuk menghindari munculnya hama pada rumah. 

Pembuangan Sampah yang Bersih

Perhatikan pula masalah pembuangan sampah di rumah. Jangan sampai sampah menumpuk di dapur dan ruangan lainnya karena sistem pembuangan sampah yang tidak lancar. Sebaiknya siapkan tempat sampah yang besar di belakang rumah untuk menampung segala sampah dari dalam rumah.

Air bersih

Air bersih tentu saja menjadi salah satu kriteria rumah sehat. Karena jika air di dalam rumah kotor maka kehidupan di rumah juga dapat menjadi kotor mengingat air adalah komponen terpenting dalam rumah. Mengingat air akan digunakan untuk mandi, mencuci, bahkan memasak sekalipun, jadi pastikan untuk memiliki air yang bersih. Jika perlu, pasanglah PDAM di rumah untuk menjamin kualitas air.

Baca Juga : Jangan Asal Pilih! Inilah Tips Membeli Rumah Pertama untuk Keluarga Muda

Kebersihan Kamar Mandi dan Tempat Mencuci

Memiliki kamar mandi dan tempat mencuci yang sehat adalah ciri-ciri rumah sehat. Jika kamar mandi dan tempat mencuci ini kotor maka sudah dipastikan rumah banyak mengandung kuman dan bakteri. Hal itu dapat menyebabkan anggota keluarga di dalam rumah lebih mudah terserang penyakit kulit dan penyakit lainnya.

Pepohonan di Halaman Rumah

Tumbuhan dan pepohonan yang di tanam di halaman rumah akan memberikan banyak manfaat bagi penghuni rumah. Mulai dari pertukaran oksigen yang baik, menjadikan rumah sejuk, mengurangi panas berlebihan saat siang, mengurangi kesan gersang dan membuat rumah terlihat asri. Pastikan untuk memiliki rumah berada di lingkungan hijau yang asri. Saat ini banyak sekali perumahan terbaik yang berada dilingkungan hijau demi meningkatkan kenyaman dan kesehatan penghuninya misalnya saja perumahan Asana Residence. Perumahan ini dilengkapi oleh berbagai tanaman hijau agar lingkungan rumah semakin asri dan sejuk. 

Jadi, itulah berbagai ciri-ciri dari rumah sehat yang layak huni untuk keluarga tercinta. Yuk mulai perhatikan kesehatan hunian Anda demi keluarga yang bahagia. Semoga bermanfaat!

WhatsApp WhatsApp ke sini