Setiap rumah tidak akan terasa lengkap tanpa adanya ruang tamu yang menawan. Ruang tamu adalah ruangan yang wajib ada dalam setiap rumah, walaupun ukurannya kecil atau besar sekali pun. Mengingat ruangan ini adalah tempat ternyaman untuk bersantai dan berkumpul dengan keluarga Anda. Bahkan, ruang tamu adalah tempat yang sering digunakan untuk menjamu tamu yang mengunjungi rumah Anda. Sehingga, penting sekali untuk memiliki ruang tamu yang terlihat indah dan mengesankan bukan?  Lantas bagaimana cara menata ruang tamu rumah agar semakin cantik? Berikut tipsnya!

Perhatikan Warna Sofa

Sofa atau tempat duduk wajib ada di ruang tamu, karena tidak mungkin tamu yang datang ke rumah harus duduk di lantai bukan? Agar ruang tamu terlihat lebih menarik dan mengesankan maka cobalah membeli sofa dengan warna yang senada dengan dinding ruang tamu Anda..  Misalnya sofa berwarna biru muda cocok dengan dinding berwarna putih. Hal ini akan menciptakan kesan ruang tamu yang kalem dan nyaman dipandang dalam waktu yang lama.

Memasang Karpet

Terkadang, memasang karpet juga akan menambah keindahan dalam ruang tamu. Karpet bisa dipasang hanya dibawah meja atau dipasang hampir menutup seluruh lantai di ruang tamu hingga ke bawah meja dan bawah sofa. Karpet yang dipasang di ruang tamu juga akan menambah keestetikan. Pastikan juga untuk memilih motif karpet yang sesuai dengan konsep ruang tamu Anda agar lebih cantik. 

Menempatkan Furniture dengan Baik

Furniture di dalam rumah biasanya dibeli untuk 2 fungsi, yaitu fungsi guna dan fungsi estetik. Jika dilihat dari fungsi gunanya, adanya furniture sebagai barang di rumah yang digunakan sesuai fungsinya seperti lemari yang digunakan untuk menyimpan buku. Kemudian fungsi estetik adalah fungsi furniture sebagai barang yang menambah keindahan dalam rumah. Sehingga tidak heran jika ditempatkan beberapa furniture di ruang tamu untuk memperindah ruangan tersebut. Jika ingin ruang tamu terlihat rapi dan mengesankan, furniture harus ditata sekreatif dan sebaik mungkin. Sebisa mungkin letakkan furniture di tempat yang tidak menghalangi jalan dan memudahkan orang – orang pindah dari ruang tamu ke ruangan lain. Kemudian jangan meletakan terlalu banyak furnitur di ruang tamu agar ruang tamu tidak terlihat penuh dan sesak.

Penting Dibaca : 3 Keunggulan Investasi Properti di Masa Pandemi, Apa Saja?

Menambahkan Tanaman Hijau

Tips selanjutnya adalah menambahkan tanaman hijau pada sudut ruang tamu Anda. Selain mempercantik ruangan, tanaman hijau juga dapat memberikan kesan yang menyejukan pada ruangan Anda. Bahkan menghadirkan tanaman hijau juga akan membantu sirkulasi udara pada rumah menjadi lebih baik.  Tanaman hijau yang dapat Anda pilih adalah peace lily, bunga krisan, kaktus, anggrek, dan masih banyak lagi. 

Jauhkan Letak Furniture dari Dinding

Meletakkan furniture jauh dari dinding akan memberikan kesan nyaman dan akrab bagi tamu yang datang ke rumah. Sebaliknya, daripada meletakkan furniture menempel atau dekat dengan dinding, cobalah meletakkan furniture berdekatan dengan furniture lain untuk menambah kesan indah dan enak dipandang.

Menambahkan aksesoris ruang tamu

Ruang tamu memang sebaiknya tidak dipenuhi dengan barang atau furniture agar tidak terasa sesak dan penuh. Namun bukan berarti tidak boleh meletakkan aksesoris dalam ruang tamu. Boleh – boleh saja menambahkan aksesoris ruang tamu asal tidak terlalu banyak. Aksesoris ruang tamu antara lain seperti vas bunga, lukisan dan lain sebagainya.

Jadi, itulah cara menata ruangan untuk tamu yang bisa dilakukan. Cara menata ini juga bisa diterapkan dalam cara menata ruang tamu minimalis. Selamat mencoba!

WhatsApp WhatsApp ke sini