Memiliki tempat tinggal yang sehat tentu mampu meningkatkan kebahagiaan penghuninya. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkan rumah yang sehat demi kenyamanan keluarga Anda.  Salah satu cara untuk mewujudkan rumah sehat dengan memiliki pencahayaan rumah yang baik. Perlu diingat, kriteria dari rumah yang sehat adalah rumah yang memiliki pencahayaan dan kualitas udara yang baik. Tak hanya membuat penghuni lebih sehat namun rumah yang memiliki pencahayaan alami juga membuat rumah menjadi lebih lapang dan hemat listrik. Pencahayaan alami rumah memanfaatkan sinar matahari. Bahkan, dengan adanya paparan sinar matahari maka rumah akan selalu terjaga dari kelembabannya. Menariknya lagi, rumah yang terjaga kelembabannya memiliki peluang terhindar akan munculnya jamur dan lumut. Mengingat kondisi lembab sangat disukai oleh jamur dan lumut. Sehingga penghuni rumah akan terhalang dari segala jenis penyakit bukan? Lalu, bagaimana caranya mengatur pencahayaan yang baik demi mewujudkan hunian yang sehat? Berikut ulasannya.

Cara Memaksimalkan Pencahayaan Alami di Rumah. 

Ada berbagai cara mudah yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan pencahayaan alami demi mewujudkan rumah yang sehat. Berikut ulasannya. 

Memiliki Jendela di Rumah

Tips pertama yang ampuh untuk memaksimalkan pencahayaan alami adalah memiliki jendela pada hunian Anda. Jendela adalah hal pertama yang pasti akan terlintas di pikiran Anda ketika berhubungan dengan cahaya yang masuk ke dalam rumah. Fungsi jendela ini tentunya sebagai jalur masuknya cahaya matahari sekaligus sirkulasi udara. Oleh sebab itu, penting untuk memastikan apakah rumah Anda sudah memiliki jendela yang cukup atau belum. Selain itu, pastikan untuk menjaga kebersihan jendela pada rumah agar terhindar dari debu agar cahaya yang masuk pada rumah lebih maksimal. 

Memasang Clerestory

Beda dengan jendela yang dipasang sejajar dengan mata agar kita bisa melihat luar ruangan, clerestory sengaja dipasang lebih tinggi di atas jendela dengan tujuan agar cahaya yang masuk tidak terlalu berlebihan. Mungkin nama clerestory ini masih asing di telinga, tetapi di Indonesia yang banyak menggunakannya di atas pintu. Walaupun clerestory dipasang lebih tinggi, cahaya yang masuk akan terkondisikan dengan menyebar secara merata di dalam ruangan.

Memasang Lightwell

Jika Anda pernah berkunjung ke sebuah bangunan-bangunan bertingkat seperti apartemen, maka penggunaan lightwell tidak akan terlihat asing lagi. Lightwell adalah bagian terbuka di bagian atas pada bangunan bertingkat. Jadi, bangunan-bangunan yang sengaja atapnya terbuka seperti itu bertujuan agar cahaya matahari dapat menyinari ruangan.

Baca Juga: Hunian di Kawasan Cibubur Semakin Diminati, Ini Alasannya!

Menggunakan Warna Cat Putih Bersih

Tips selanjutnya adalah pemilih warna cat yang tepat dapat memaksimalkan pencahayaan alami pada rumah Anda. Pilihlah warna cat berupa putih bersih pada dinding rumah sehingga menciptakan kesan lapang dan terang pada rumah Anda. 

Memanfaatkan Cermin pada Rumah

Tips terakhir adalah memanfaatkan cermin yang dapat dipasang pada bagian rumah yang terasa sesak. Cermin dapat membantu penyebaran cahaya dengan yang baik pada rumah Anda. Cermin dapat dipasang dekat dengan jendela untuk membantu memaksimalkan pencahayaan alami di rumah Anda. 

Jadi, itulah beberapa tips memaksimalkan pencahayaan cahaya alami di rumah Anda demi mewujudkan rumah yang sehat. Yuk, miliki rumah sehat seperti Asana Residence demi kebahagian orang yang Anda sayangi. Semoga membantu!

WhatsApp WhatsApp ke sini