Begini Caranya Menciptakan Ruang Keluarga yang Nyaman dan Hangat

Ruang keluarga merupakan jantung rumah yang memiliki pengaruh pada keharmonisan sebuah keluarga. Dengan memiliki ruang keluarga yang nyaman diharapkan aktivitas bercengkrama bersama terasa lebih hangat. Setelah menjalani hari yang panjang di sekolah atau kantor, bersantai bersama keluarga dengan nyaman rasanya akan membantu mengurangi lelah.

Sebenarnya, tidak ada rumus pasti dalam menata ruang keluarga yang nyaman dan hangat bagi setiap orang. Oleh karena itu, Anda sebenarnya bisa bereksperimen bersama keluarga Anda. Hanya saja, tips berikut ini bisa jadi langkah awal yang membantu Anda memulai.

1. Pilih Palet Warna yang Menenangkan

Anda bisa mulai dengan memilih palet warna sebagai nuansa ruang keluarga Anda. Cek kembali dan pilih warna cat dinding yang bisa memberikan efek tenang bagi Anda dan anggota keluarga. Warna yang menenangkan ini bisa jadi warna netral yang terang, warna gelap yang hangat, atau kombinasi keduanya. Misalnya putih tulang, beige, cokelat, abu gelap, atau warna kayu. Palet warna ini pun dapat Anda sesuaikan dengan tema desain rumah Anda secara keseluruhan.

2. Bermain dengan Pencahayaan

Pencahayaan juga dapat menentukan suasana dalam ruangan, Anda dapat bermain dengan tiga tipe pencahayaan, yakni: lampu ambient, lampu task, dan lampu aksen. Kombinasikan fungsi ketiganya untuk menciptakan mood yang tepat di dalam ruang keluarga agar nyaman sekaligus fungsional. Anda bisa mengkonsultasikan hal ini dengan desainer interior — terutama yang memiliki spesialisasi di bidang pencahayaan — untuk kebutuhan ini.

Baca Juga: Jangan Asal Pilih! Inilah Tips Membeli Rumah Pertama untuk Keluarga Muda 

3. Gunakan Sofa yang Sesuai

Peran sofa pada ruang keluarga terbilang cukup penting. Mengapa? Hal ini karena memberikan kenyamanan setiap anggota keluarga saat bersenda gurau sehingga waktu berkumpul tidak terasa lama. Saat menentukan sofa tersebut, pilihlah sofa yang memiliki ukuran yang sesuai dan warna yang senada.

4. Gunakan Karpet

Untuk menciptakan nuansa yang semakin nyaman bagi seluruh anggota keluarga, adanya karpet juga dapat membantu. Misalnya dengan menggunakan karpet berbulu yang bisa memberikan kesan nyaman.

Akan tetapi, Anda juga bisa melapis dua karpet bersamaan dengan ukuran, motif, dan bentuk yang berbeda, lho! Misalnya, bentangkan karpet persegi panjang motif garis di bawah dan tumpuk dengan karpet berbentuk abstrak yang lebih kecil di atasnya.

5. Gunakan Aromaterapi

Aromaterapi adalah salah satu cara mudah untuk menciptakan suasana ruang tamu sekaligus ruang keluarga yang nyaman. Ditambah lagi, ada banyak jenis aromaterapi yang dapat Anda gunakan, seperti lilin atau diffuser. Pilihan aroma essential oil yang ada pun beragam. Untuk memberikan nuansa nyaman dan hangat, aroma seperti kayu manis, lavender, dan vanila sangat direkomendasikan untuk Anda.

Itulah  tips menata ruang keluarga dalam menciptakan nuansa yang nyaman dan hangat sepanjang hari.

Bagi Anda yang sedang mencari rumah, Anda dapat memilih hunian yang selaras dengan alam yaitu Asana Residence Cibubur. Didukung desain minimalis modern dengan sederet fasilitas, kawasan hunian ini memberi kenyamanan serta kemudahan untuk penghuninya. Nah, untuk Anda yang tertarik bisa klik di sini untuk informasi harga dan detail lokasinya.

Share

Fill this form

To Get Our Brochure!

Dengan mengisi formulir ini, saya bersedia untuk dihubungi lebih lanjut dan menerima informasi terkait promosi dari Asana Residence Cibubur *