Tips Percantik Dinding Rumah dengan Wallpaper

Bayangkan, sepulang dari beraktivitas di luar rumah, seperti pulang dari kantor atau dari kegiatan bersama teman-teman, Anda disambut dengan interior rumah yang cantik nan memanjakan mata. Tentu ini akan membuat segala penat yang terasa menjadi hilang seketika karena pemandangan yang indah di dalam rumah, bukan?

Memiliki interior cantik di dalam rumah memang menyenangkan dan menenangkan. Namun, hal ini tidak serta-merta datang dengan sendirinya karena Anda sendiri yang harus menentukan genre interior yang Anda inginkan beserta ornamen pendukungnya. Salah satu cara untuk membuat interior dan eksterior rumah Anda menjadi cantik adalah dengan menambahkan sentuhan artistik pada dinding rumah Anda.

 

Baca Juga: Wajib Tahu! Inilah Tips Menata Ruang Tamu yang Mengesankan

 

Salah satu cara mempercantik rumah adalah mengecat dinding dengan warna favorit. Ada juga yang mendesain rumah dengan sentuhan batu bata ekspos tanpa diaci, membuat sentuhan industrial dengan gaya khas acian semennya, hingga memilih untuk memasang wallpaper dinding rumah untuk sentuhan yang lebih kaya warna dan tekstur.

Jika biasanya Anda menggunakan cat kombinasi untuk membuat interior menjadi lebih hidup, maka tidak ada salahnya untuk menambahkan sentuhan motif pada dinding interior Anda dengan memasang wallpaper motif sebagai alternatif. Selain itu, wallpaper dinding juga memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan cat kimia, salah satunya karena tidak memiliki kandungan kimia sebanyak cat dinding sehingga lebih aman untuk digunakan. Daya tahannya pun cukup lama dan yang terpenting wallpaper dinding tidak merusak cat dinding rumah saat Anda ingin melepasnya.

Lebih jauh lagi, wallpaper dinding bisa menjadi opsi yang bagus karena pilihan motifnya yang beragam dan sangat praktis untuk diaplikasikan. Meskipun dalam pemasangannya tinggal tempel saja, Anda disarankan untuk menggunakan jasa tukang atau ahli di bidangnya demi mendapatkan hasil yang cantik dan presisi.

Jika Anda tertarik untuk memasang wallpaper dinding di rumah Anda, jangan asal pilih dan pasang, ya. Berikut tips memilih wallpaper dinding yang bisa Anda coba untuk mendapatkan hasil yang ciamik:

 

Sesuaikan Wallpaper dengan Konsep dan Tema Hunian

Saat sedang survei motif atau datang langsung ke toko wallpaper, Anda pasti akan disuguhi ratusan motif wallpaper dengan gaya dan ciri khasnya masing-masing. Sudah pasti Anda akan dibuat terpesona dan bingung memilih inspirasi wallpaper dinding yang cocok diaplikasikan di rumah Anda.

Perlu diingat, wallpaper dinding bukan hanya tentang cantik dan menarik saja, melainkan harus cocok dengan konsep, tema dan vibes keseluruhan rumah Anda. Perhatikan tone warna rumah agar tidak merusak konsep dan tatanan dekor interior rumah Anda hingga membuat suasana menjadi tidak selaras.

Misalnya jika Anda memiliki rumah dengan konsep minimalis, sebaiknya pilih wallpaper dengan desain yang simpel dengan pola yang tidak terlalu rumit. Pilihlah warna-warna netral atau pastel yang memberikan kesan tenang dan bersih sebagai pilihan wallpaper dinding rumah minimalis. Contohnya, wallpaper dengan pola garis-garis tipis atau motif geometric yang simpel, atau wallpaper dengan warna monokrom seperti putih, abu-abu, atau beige. Hindari wallpaper dengan banyak detail atau warna yang terlalu mencolok karena dapat mengganggu kesan minimalis yang diinginkan.

Untuk menambah aksen di luar rumah atau teras, Anda juga dapat menggunakan wallpaper untuk dinding luar rumah, misalnya dengan memilih motif batu bata bertekstur 3 dimensi atau motif wallpaper dinding rumah kayu. Yang perlu Anda perhatikan adalah pastikan motif wallpaper Anda bermotif netral dan abadi sehingga tidak perlu sering diganti, berkualitas tinggi, dan tahan cuaca. Wallpaper berbahan vinyl atau kanvas umumnya lebih tahan lama dan mudah dirawat.

 

Pilih Wallpaper sesuai Komposisi Ruangan untuk Menghindari Kesan Penuh

Selain warna dan motif,, Anda harus memperhatikan komposisi ruangan sebelum memilih wallpaper. Misal, jika Anda ingin menambahkan wallpaper pada ruangan yang kecil dan sempit, maka Anda bisa memilih wallpaper dengan warna dan motif polos. Hindari motif yang ramai dan rumit karena justru akan membuat ruangan Anda menjadi terasa penuh.

Sebaliknya, jika Anda ingin memasang wallpaper pada ruangan yang luas, maka Anda bebas menentukan warna dan motif bahkan motif rumit sekalipun karena tidak akan mengganggu pandangan Anda.

 

Baca Juga: Ketahui! Inilah Manfaat Hunian dengan Pencahayaan dan Sirkulasi Udara Maksimal

 

Perhitungkan Perabotan dengan Baik agar Tidak Saling Bertabrakan

Sebelum memasang wallpaper dinding di rumah, perhitungkan dengan baik dan benar perabotan apa saja di dalam ruangan tersebut. Hal ini untuk mengantisipasi ketidakharmonisan dan saling tabrak warna atau motif antara wallpaper dengan perabotan ruangan.

Jika Anda ingin mengaplikasikan wallpaper motif yang kompleks, alangkah baiknya Anda memasang wallpaper ini di dalam ruangan dengan perabotan berwarna netral dan polos, agar bisa menjadi penyeimbang ruangan minimalis. Namun, bila ruangan yang ingin Anda pasangi wallpaper sudah memiliki desain dan letak yang cukup rumit, maka sebaiknya Anda cukup memasang wallpaper polos dengan warna netral demi terciptanya harmonisasi di ruangan kesayangan Anda.

 

Amati Pencahayaan di Ruangan sebelum Memasang Wallpaper

Untuk bisa menciptakan kesan ruangan yang luas dan terang, maka Anda bisa memilih wallpaper dengan warna cerah dan polos. Sebelum mengaplikasikan wallpaper, yang perlu Anda amati adalah arah pencahayaan ruangan. Jika ruangan cukup cahaya, maka Anda bisa mengatur wallpaper dengan nuansa yang lebih terang agar tercipta kesan luas.

Namun, bila ruangan Anda cenderung bernuansa hangat dan menggunakan lampu dengan warm tone, maka Anda cukup melengkapi ruangan Anda dengan wallpaper dengan tone hangat agar selaras dan memperkuat konsep ruangan tersebut.

Nah, itu dia beberapa tips memilih wallpaper dinding rumah yang baik. Selain membuat rumah menjadi cantik, wallpaper dinding juga cocok untuk Anda yang ingin menampilkan kesan artistik serta ruangan luas pada keluarga Anda tanpa perlu repot menambah ruangan lagi. Bagi Anda yang mendambakan rumah idaman dengan konsep modern minimalis serta homey, Anda dapat menemukannya di perumahan Asana Residence Cibubur.

Asana Residence Cibubur adalah kawasan hunian terbaru persembahan ATERALAND Group yang dibangun di atas lahan seluas 24 hektar. Menawarkan konsep kehidupan kota yang selaras dengan alam, Asana Residence Cibubur memiliki pemandangan hijau asri dengan pemandangan pegunungan yang cantik yang pasti membuat Anda nyaman berkegiatan, baik di dalam atau di luar rumah. Dengan lokasi yang strategis karena terletak di antara Jakarta РBogor, sehingga memudahkan Anda dengan akses dari arah manapun dengan moda transportasi apa pun menjadikan Asana Residence Cibubur pilihan tempat tinggal idaman bagi Anda dan keluarga Anda. 

Dirancang dengan desain arsitektur bergaya modern dan minimalis, Asana Residence Cibubur memiliki tata ruang yang cantik serta kualitas bangunan yang tinggi dan dioptimalkan, sehingga membuat pemilik rumah betah berlama-lama di rumah. Tertarik untuk memiliki hunian di Asana Residence Cibubur? Hubungi marketing kami sekarang di sini untuk mendapatkan penawarannya.

Share

Fill this form

To Get Our Brochure!

Dengan mengisi formulir ini, saya bersedia untuk dihubungi lebih lanjut dan menerima informasi terkait promosi dari Asana Residence Cibubur *