Hadirkan Focal Point di Rumah untuk Pertajam Konsep Rumah Anda!

Unsur desain pada interior rumah sangat penting dihadirkan untuk menambah kesan yang menarik. Dengan pengaplikasian desain interior yang tepat, Anda bisa mendapatkan dua hal sekaligus, yaitu estetika dan kenyamanan. Pada desain interior, terdapat istilah focal point yang populer dan kini juga banyak diterapkan dalam konsep hunian.

Lalu, apa sebenarnya pengertian focal point itu? Apa tujuannya dari pengaplikasian focal point dan bagaimana cara menghadirkannya? Temukan jawabannya di bawah ini.

Arti Focal Point dalam Dunia Desain

Dalam dunia interior, focal point merupakan bagian atau elemen yang menarik perhatian karena ia menjadi suatu point atau titik yang terlihat lebih mencolok dan dramatis dibandingkan elemen sekitarnya. Bagian ini sangat fleksibel dan dapat diaplikasikan pada berbagai area yang ingin anda fokuskan, misalnya di dinding, lantai, maupun plafon rumah. Selain pada tata letak, Anda juga bisa menjadikan furnitur, dekorasi rumah, atau lampu sebagai focal point.

Meskipun bersifat fleksibel, Anda harus ingat bahwa ada trik khusus untuk memadupadankan interior dengan lokasi yang Anda inginkan sebagai focal point agar tidak bertabrakan dengan konsep ruangan.

Dalam hal desain dan arsitektur, selain meningkatkan nilai estetika atau keindahan, tujuan dari diterapkannya focal point adalah untuk mempertajam konsep ruangan.

 Menentukan Titik Fokus yang Ideal

 Anda tak bisa mengabaikan bagaimana cara menentukan titik fokus yang ideal dalam sebuah ruangan. Penting sekali untuk membatasi jumlah titik fokus atau focal point. Meskipun tak ada aturan yang baku, namun yang paling ideal adalah tidak terlalu banyak menempatkan focal point .

Untuk ruangan berukuran kecil, Anda dapat membatasi dengan satu atau dua titik fokus saja. Ruangan yang luas tentunya memiliki jumlah titik yang berbeda dengan ruangan yang berukuran kecil. Apabila Anda mengikuti jumlah di atas tadi, hal ini akan memudahkan Anda dalam penataan ruangan serta menciptakan suasana hunian yang penuh kenyamanan. 

Cara Menghadirkan Focal Point di Rumah

Jika tadi Anda sudah mengetahui pengertian dari focal point dan cara menentukan poin batasan yang ideal, berikut adalah beberapa tips menghadirkan titik fokus di rumah sehingga Anda bisa memiliki bagian rumah yang menawan dan tentunya eye-catching.

Baca Juga: Jangan Asal Pilih! Inilah Tips Membeli Rumah Pertama untuk Keluarga Muda

 

1. Permainan Warna.

Permainan warna menjadi cara paling banyak dilakukan untuk membuat titik pusat. Padukan warna yang kira-kira sesuai supaya tidak bertabrakan. Misalnya, dengan memberikan warna yang kontras pada satu bagian dinding kemudian dipadupadankan dengan warna lantai serta furnitur yang senada.

2. Pemilihan Lampu Gantung yang Menarik.

Menambahkan teknik pencahayaan pada titik pusat yang telah dipilih memberikan kesan dramatis tersendiri. Misalnya, dengan menambahkan lampu gantung pada hunian Anda. Lampu gantung memiliki desain yang berbeda dari lampu biasa dan dapat menambahkan kesan elegan pada hunian Anda. Namun, tetap harus disesuaikan, ya, dengan konsep rumah.

3. Aplikasikan Furnitur yang Tepat.

Bijak dalam memadukan furnitur sangatlah diperlukan untuk hunian Anda. Untuk menciptakan focal point, Anda bisa menentukan dahulu konsep seperti apa yang dapat menarik perhatian saat orang melintas. Anda bisa mengaplikasikan padu padan furnitur dari segi ukuran yang besar maupun warna yang menonjol. Namun, jangan lupa untuk sesuaikan komposisi yang pas agar ruangan tidak tampak penuh sesak.

Demikianlah tips menghadirkan focal point dalam hunian Anda agar ruangan terasa seimbang, indah, dan enak dipandang. Jika Anda sedang mencari rumah, Anda juga dapat memilih hunian yang selaras dengan alam yaitu Asana Residence Cibubur. Didukung desain minimalis modern dengan sederet fasilitas, kawasan hunian ini memberi kenyamanan serta kemudahan untuk penghuninya. Segera miliki unitnya dengan klik di sini.

Share

Fill this form

To Get Our Brochure!

Dengan mengisi formulir ini, saya bersedia untuk dihubungi lebih lanjut dan menerima informasi terkait promosi dari Asana Residence Cibubur *